Aredhyta

  • Subscribe to our RSS feed.
  • Twitter
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Facebook
  • Digg

Friday, 19 October 2012

KOMUNITAS ONLINE

Posted on 08:54 by Unknown

Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi(TIK) di Indonesia mengalami perkembangan yang luar biasa seiring kemajuan pesat teknologi itu sendiri. Pengguna sosial media seperti Facebook,Twitter,Blog,You Tube,Koprol,Kaskus,MIG33 meningkat tajam di Indonesia. Data dari PB+ 2010 menyebutkan bahwa pengguna Blog di Indonesia hampir mencapai 2 juta orang,sedang pengguna Facebook di Indonesia mencapai 25 juta orang per Juli 2010,bahkan pengguna Twitter di Indonesia berada diperingkat 6 dunia(2,41% dari total pengguna twitter dunia). Ini membuktikan bahwa orang Indonesia sangat gemar untuk berinteraksi dan berteman. Dari interaksi-interaksi yang intens antar sesama pengguna sosial media,terciptalah beragam komunitas online.
Berbicara tentang komunitas,ada baiknya kita mengetahui dulu apa arti dari komunitas itu. Komunitas adalah kumpulan orang yang saling berinteraksi diantara anggotanya berdasarkan adanya kesamaan. Komunitas terbentuk bisa karena kesamaan asal daerah dari anggotanya(misal: Paguyuban Madura,Komunitas Lampung,Komunitas Anak Medan), kesamaan nama(misal: Komunitas Asep), kesamaan hobby(misal: Komunitas Mancing Mania,Komunitas Parkour), kesamaan profesi(misal: Lawyer Club, Ikatan Akuntan Indonesia), kesamaan menggunakan produk tertentu(misal : Komunitas Yamaha Club,Komunitas Honda Tiger), kesamaan ngefans klub olahraga(misal : komunitas MU Mania,Jak Mania),kesamaan menggunakan platform online tertentu(misal: Komunitas Blogger,Tweeps,Facebooker).
Sebuah komunitas harus melakukan kegiatan rutin yang menandakan bahwa komunitas itu eksis. Dengan kata lain sebuah komunitas tanpa kegiatan menandakan komunitas itu mati. Beberapa contoh kegiatan rutin komunitas:Komunitas Parkour Jakarta rutin melakukan latihan fisik di Senayan setiap weekend, Komunitas Sepeda Onthel rutin ngumpul dan bersepeda ria saat Car Free day, Komunitas B-H-I rutin nongkrong bareng Jumat malam di seputar Bunderan HI. Tentunya orang-orang yang bergabung dalam sebuah komunitas melakukan satu kegiatan bersama dalam suasana bersahabat dan menyenangkan..
komunitas
KOMUNITAS ONLINE dan KEUNIKANNYA
Komunitas online merupakan komunitas yang mempunyai keunikan tersendiri. Dibilang unik karena para anggota didalam sebuah komunitas online bisa secara bersama-sama melakukan suatu aksi tanpa harus berkumpul di satu tempat. Onliner New York,Denpasar,Palu,Jakarta,Seoul,Semarang,Surabaya,Bandung yang bergabung dalam sebuah komunitas dapat melakukan satu aksi kampanye secara berbarengan melalui internet (contoh: Kampanye anti Global Warming,kampanye dukung Pulau Komodo,kampanye gemar membaca buku). Namun onliner juga manusia,merasa tak afdol jika belum berinteraksi langsung secara fisik dengan onliner lainnya. Terjadilah pertemuan para onliner di dunia nyata yang umumnya dinamakan Kopdar. Kopdar adalah suatu bentuk komunikasi nyata pelaku dunia maya dimana orang yang ikut kopdar itu bisa saling berkenalan secara pribadi atau sharing ilmu dan pengalaman. Tak bisa dipungkiri bahwa secara psikologis jika sesorang rutin bertemu dan berinteraksi dengan orang lain yang mempunyai kesamaan minat di sebuah komunitas akan menimbulkan ikatan emosional tersendiri dihati orang tersebut terhadap komunitasnya.
Komunitas Online - Perananannya dalam Masyarakat
Di era internet siapapun bisa membuat dan menyebarkan informasi. Namun sepenting apapun informas itu,bila hanya disuarakan satu orang onliner tentu saja gaungnya tidak akan kedengaran. Disinilah peran sebuah komunitas online diperlukan. Sebuah informasi bila disuarakan secara bersama-sama oleh komunitas Online tentu gaungnya akan besar terdengar,yang bisa menarik perhatian media mainstream maupun pemerintah. Setelah diberitakan oleh media mainstream tentunya informasi penting yang digaungkan para onliner ini akan menjadi informasi yang diketahui banyak orang.
Komunitas online juga dapat membentuk suatu aksi sosial ditengah masyarakat. Aksi-aksi sosial yang dilakukan komunitas online ini pada umumnya merupakan kegiatan positif yang nyata dengan tujuan membuat suatu perubahan yang lebih baik didalam masyarakat. Beberapa contoh aksi sosial yang dilakukan komunitas online: Aksi berinternet sehat dan belajar ngeblog oleh BandungBlogVaganza, Aksi Gerakan Berbagi dan kampanye keselamatan berkendara oleh DBLOGGER, aksi mengumpulkan buku untuk disumbangkan oleh DOT’S.
Sosial media yang digunakan oleh komunitas online dapat menjadi kekuatan yang dahsyat melawan ketidakadilan,penyimpangan,dan kesewenang-wenangan hukum dan juga pemerintah yang berkuasa. Baru-baru ini kita melihat betapa dahsyatnya sosial media membentuk kekuatan massa, yang bisa menjatuhkan pemerintah yang berkuasa,seperti yang terjadi di Tunisia dan Mesir. Di Indonesia sendiri kekuatan aksi komunitas online sudah terbukti bisa melawan ketidakadilan dalam hukum,seperti yang terjadi pada Gerakan Koin Prita dan Gerakan dukung Bibit-Chandra.
Komunitas online merupakan sebuah bentuk peradaban baru di kehidupan manusia. Komunitas online yang menggunakan sosial media sebagai alatnya, secara perlahan membuat revolusi didalam kehidupan masyarakat,menjadi penggerak sebuah perubahan dalam berbagai bidang,baik dibidang sosial,politik,ataupun ekonomi.

SOURCE :
http://books.google.co.id/books?id=OksJfLKlET4C&pg=PA15&lpg=PA15&dq=pengertian+komunitas+online&source=bl&ots=qJKspf1BZW&sig=TH26UXaF9il5hC305TUixbkNNF0&hl=id&sa=X&ei=T3WBULOED4aIrAeimYCwDQ&ved=0CCQQ6AEwAg#v=onepage&q=
http://www.scribd.com/doc/67243401/Pola-Komunikasi-pada-Komunitas-Offline-Online
http://frontlinerinc.com/2012/02/pengaruh-komunitas-sosial-terhadap-keputusan-pembelian-dan-sikap-terhadap-merek-part-1/
http://aryowidiantoko.blogspot.com/2012/06/review-beberapa-komunitas-online-di.html
http://dayabisnis-online.blogspot.com/2009/02/bergabung-dengan-komunitas-online.html
http://momoncomputer.blogspot.com/2011/03/pengertian-komunitas-maya.html
http://djepok.blogspot.com/2011/09/arti-komunitas.html
http://kompasonline.blogspot.com/2011/02/pengertian-komunitas-blogger.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Komunitas_maya
http://www.komputerartikel.com/marketing-by-group-online-community-for-marketing/
Email ThisBlogThis!Share to XShare to FacebookShare to Pinterest
Posted in | No comments
Newer Post Older Post Home

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)

Popular Posts

  • pengertian google sandbox
    Pengertian Google Sandbox in Share 0 ; Apakah Google Sandbox effect itu ?   Google Sandbox effect atau bahasa m...
  • Tugas Psikologi Manajemen
    Tugas I          Apa arti manajemen?          Sebutkan jenis manajemen?          Apa itu kepimpinan? Jawab :        1.       Manajemen a...
  • DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF INTERNET
    Seiring meningkatnya Sumber Daya Manusia di zaman era Globalisasi ini, yang semakin melesat, seperti Perubahan teknologi di masyarakat semak...
  • PEMBAGIAN WILAYAH UNTUK PENYEBARAN BINATANG
    Penyebaran Flora dan Fauna di Indonesia PENYEBARAN FLORA DI INDONESIA   Berdasarkan pendekatan biogeografi, kekay...
  • Pengertian,Tujuan dan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
    Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar Secara sederhana IBD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahua...
  • Chatting
    Pengertian Chatting Chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang ...
  • Tulisan Psikologi Manajemen
    Contoh kasus manajemen I Seorang karyawan pada suatu perusahaan swasta yang mempunyai jam kerja mulai 09.00-17.00 mulai hari Senin s/d Jumat...
  • PENGERTIAN ENERGI
    Pengertian Energi   Apakah yang dimaksud dengan energi? Energi dibutuhkan diantaranya untuk menggerakkan mobil, untuk memanas...
  • TUGAS PSIKOLOGI MANAJEMEN 2
    Tugas Psikologi Manajemen 2 Pengorganisasian Struktur Manajemen a. Definisi pengorganisasian b. Definisi struktur organisasi c. Pengorganisa...
  • PERTAMA KALI MENGENAL INTERNET
    Kali ini saya akan sedikit bercerita tentang pertama kali saya mengenal internet. Saya mengenal internet tepatnya waktu saya kelas 1 SMP, ke...

Blog Archive

  • ►  2013 (7)
    • ►  October (4)
    • ►  May (1)
    • ►  April (2)
  • ▼  2012 (48)
    • ►  November (3)
    • ▼  October (7)
      • PERTAMA KALI MENGENAL INTERNET
      • KELOMPOK KERJA VIRTUAL
      • POLARISASI KELOMPOK
      • KOMUNITAS ONLINE
      • KECANDUAN INTERNET
      • DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF INTERNET
      • MENGAPA MANUSIA MEMBUTUHKAN INTERNET/TIDAK MEMBUTU...
    • ►  September (8)
    • ►  July (1)
    • ►  May (21)
    • ►  April (5)
    • ►  March (1)
    • ►  January (2)
  • ►  2011 (2)
    • ►  October (2)
Powered by Blogger.

About Me

Unknown
View my complete profile